Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Beberapa Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis

HP kerap digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara supaya baterainya tidak cepat habis.


HP memiliki peranan penting untuk mendukung kegiatan masyarakat sehari-hari. HP bisa digunakan untuk bekerja, bermain game, menelepon, hingga mengirim pesan. Karena fungsi HP yang termasuk penting, pasti akan sangat merepotkan jika sewaktu-waktu baterai HP mengalami lowbat ketika sedang digunakan. Oleh karena itu, masyarakat perlu menerapkan beberapa cara agar baterai HP tidak cepat habis. 



Cara Apa Saja yang Bisa Diterapkan Supaya Baterai HP Bisa Lebih Awet?

  1. Mengaktifkan mode untuk penggunaan daya rendah

Mode daya yang rendah merupakan cara pertama yang bisa diterapkan supaya baterai HP bisa lebih hemat. Dengan mengaktifkan mode ini, kecerahan layar pada HP bisa dikurangi, animasi sistem bisa diminimalkan, dan juga kinerja perangkat bisa lebih optimal. Mode ini akan menonaktifkan fitur di layar yang bekerja dan bisa membuat baterai cepat habis. 


Jika fitur tersebut dinonaktifkan, maka konten di bagian latar belakang tidak akan diunduh secara otomatis dan fitur lainnya juga akan dinonaktifkan. Meskipun dinonaktifkan, Anda tetap bisa menggunakan beberapa fungsi utama seperti menerima atau melakukan panggilan telepon, mengakses internet, serta menggunakan fungsi pesan dan email.


  1. Melepaskan casing HP ketika mengisi daya 

Tidak sedikit pengguna HP yang senang menggunakan casing supaya HP-nya tampak lebih keren. Namun, casing tersebut dapat merangkap panas sehingga sebaiknya Anda melepaskan casing terlebih dahulu ketika akan mengecas HP. Karena penggunaan casing itulah terkadang HP malah menjadi panas ketika sedang diisi dayanya. 


Walaupun membuat HP terlihat lebih keren, namun kekurangan casing ketika HP sedang diisi daya adalah panas dapat terperangkap di dalam casing sehingga HP bisa menghasilkan panas yang berlebih dan membuat baterai cepat rusak. Panas berlebih bisa mempengaruhi kapasitas dan umur pakai baterai HP. 


  1. Menggunakan charger bawaan HP 

Supaya baterai HP bisa awet dan tidak cepat rusak, Anda disarankan untuk menggunakan adaptor charger yang merupakan bawaan HP ketika membelinya pertama kali. Di dalam dus HP biasanya sudah dilengkapi dengan charger original, earphone, dan lain-lain. 


Cara ini termasuk cara agar baterai HP tidak cepat habis karena charger bawaan bisa mengisi daya HP dengan cepat. Sebaliknya, jika charger yang digunakan tidak original, daya bisa saja tidak terisi sama sekali atau diisi dengan sangat lambat. Bahkan, charger yang bukan original juga bisa merusak baterai HP. 


  1. Menjaga level daya pada baterai

Baterai bisa lebih awet apabila Anda mengecasnya saat angka penunjuk pada baterai menunjukkan angka 20-30%. Jangan terlalu sering mengecas baterai ketika dayanya berada di bawah angka 20% karena hal tersebut bisa menyebabkan umur baterai menjadi lebih pendek. 


Selain itu, pastikan juga untuk segera melepaskan kabel charger ketika baterai HP sudah terisi penuh. Jangan sampai baterai mengalami over-charging karena umur baterai bisa semakin pendek dan baterai cepat rusak. 


  1. Menjaga suhu HP supaya tetap dingin 

Baterai yang sudah terisi penuh dan tidak segera melepas kabel charger dapat menyebabkan terlalu panas. Baterai HP akan cepat habis ketika panas dan juga ketika tidak sedang digunakan. 


Hal tersebut sebaiknya dihindari supaya baterai HP lebih awet dan berumur panjang. Anda juga sebaiknya menghindari menggunakan HP ketika sedang diisi daya karena bisa menyebabkan HP menjadi panas dikarenakan konsumsi dayanya berlebihan. Sehingga cara agar baterai HP tidak cepat habis yakni selalu menjaga suhu HP supaya tidak mengalami panas berlebih.